Visi

Visi pembangunan Indonesia berdasar pada visi Indonesia jangka panjang yaitu terwujudnya negara bangsa Indonesia modern yang aman dan damai, adil dan demokratis, serta sejahtera dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kemerdekaan, dan persatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Visi Pusat Pengembangan SDM Kebudayaan. Visi Pusat Pengembangan SDM Kebudayaan disesuaikan dengan visi Badan PSDMPK-PMP yang berfokus pada terselenggaranya layanan prima untuk membentuk sdm pendidikan dan kebudayaan yang profesional dan bermartabat serta penjaminan mutu pendidikan yang terstandar, yaitu:

Terselenggaranya Layanan Prima untuk Membentuk SDM Kebudayaan yang Profesional dan Bermartabat serta Terstandar

Layanan prima adalah kemampuan maksimum seseorang melalui sentuhan kemanusiaan dalam melayani atau berhubungan dengan orang lain. Layanan prima juga dapat berarti upaya maksimum yang mampu diberikan oleh organisasi jasa pelayanan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan untuk mencapai suatu tingkat kepuasan tertentu, serta memberikan pelayanan secara prima kepada para pelanggan dengan tujuan untuk memenangi persaingan. Konsep dasar pelayanan prima dideskripsikan sebagai berikut:

  1. Konsep Sikap. Sikap pelayanan yang diharapkan tertanam pada diri pelanggan adalah baik, ramah, penuh simpatik dan mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap institusi Pusat Pengembangan SDM Kebudayaan.
  2. Konsep Perhatian. Dalam melakukan kegiatan layanan, seorang petugas pada institusi Pusat Pengembangan SDM Kebudayaan harus senantiasa memperhatikan dan mencermati keinginan pelanggan.
  3. Konsep Profesional dan bermartabat. SDM Kebudayaan profesional dan bermartabat adalah SDM kebudayaan melakukan pekerjaan sebagai sumber penghasilan dengan menggunakan keahlian, kemahiran, atau kecakapan sesuai dengan standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

 

Misi

Adapun misi pusat pengembangan SDM Kebudayaan merupakan penjabaran dari misi badan pengembangan SDM pendidikan dan kebudayaan misi ke tiga yaitu meningkatakan kualitas/ mutu dan relevansi SDM pendidikan dan kebudayaan dan penajaminan mutu pendidikan sesuai dengan standar. Untuk mewujudkan visi pusat pengembangan SDM Kebudayaan dan sesuai dengan misi badan PSDMPK-PMP, maka ditetapkan misi pusat pengembangan SDM Kebudayaan tahun 2011-2012 diuraikan sebagai berikut: 

  • Meningkatkan kualitas dan relevansi SDM kebudayaan sesuai dengan standar.
  • Meningkatakan ketersediaan layanan pengembangan SDM Kebudayaan.
  • Memperluas keterjangkauan layanan pengembangan SDM Kebudayaan.
  • Mewujudkan kesetaraan dalam memperoleh layanan pengembangan SDM Kebudayaan.

 

Tugas dan Fungsi

Sesuai dengan Permendikbud No. 01 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kebudayaan memiliki tugas untuk melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis dan pengembangan sumberdaya manusia kebudayaan. Fungsi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kebudayaan adalah sebagai berikut. 

  • Penyusunan kebijakan teknis di bidang pengembangan sumber daya manusia kebudayaan;
  • Penyusunan program pengembangan sumber daya manusia kebudayaan;
  • Koordinasi pelaksanaan peningkatan kompetensi dan sertifikasi sumber daya manusia kebudayaan;
  • Fasilitasi pelaksanaan peningkatan kompetensi dan sertifikasi sumber daya manusia kebudayaan;
  • Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia kebudayaan; dan
  • Pelaksanaan administrasi pusat pengembangan sumber daya manusia kebudayaan
Автор : btamedia