Surabaya - Proses pengawalan peningkatan mutu pendidikan secara nasional merupakan tanggung jawab bersama. Karena itulah penyamaan persepsi tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) menjadi sangat penting dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat. Salah satu upaya untuk menyamakan persepsi tersebut dapat dilakukan dengan koordinasi antara pihak-pihak terkait. Hal itulah yg dilakukan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur dengan menggelar rapat koordinasi bertema "Implementasi Percepatan Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2013".

Rakornas berlangsung selama tiga hari, yaitu pada 21 - 23 Juni 2013, bertempat di kantor LPMP Provinsi Jawa Timur, di Surabaya. Peserta rakornas yang berjumlah ratusan terdiri dari Kepala LPMP se-Indonesia, Kepala P4TK, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, para rektor perguruan tinggi negeri di Jawa Timur, serta perwakilan dari beberapa bank BUMN.

Salah satu tujuan diselenggarakannya rakornas adalah memperkuat rancangan kebijakan dan program pembangunan pendidikan tahun 2013 yang difokuskan pada penjaminan mutu pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, serta pemantauan dan pengawasan pendidikan. Dalam rakornas juga akan dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Implementasi Percepatan Penjaminan Mutu Pendidikan/Pelaksanaan Program Penjaminan Mutu Pendidikan antara 38 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dengan LPMP Provinsi Jawa Timur.

Beberapa materi pokok dalam rakornas antara lain Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kebijakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan tentang Implementasi Kurikulum 2013, Paparan Program Pilot Project Sekolah Model, Program Percontohan, serta paparan Best Practice.

Diharapkan, rakornas akan menghasilkan penguatan pemahaman tentang konsep dan strategi implementasi penjaminan mutu pendidikan, penguatan komitmen bersama dalam menyukseskan program penjaminan mutu pendidikan, serta tersosialisasikannya program wajib dan program pilihan LPMP Provinsi Jawa Timur. (DM)

Автор : btamedia