Tanya Jawab
  1. Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pinjaman lunak (bantuan modal usaha) dari program PNPM Mandiri ini?

    Bantuan PNPM Mandiri, termasuk bantuan modal usaha, disalurkan kepada masyarakat miskin di lokasi PNPM Mandiri melalui lembaga keswadayaan masyarakat yang dibentuk/ ditetapkan sendiri oleh masyarakat sesuai dengan proses dan prosedur PNPM Mandiri. Selanjutnya penetapan kegiatan dan penerima bantuan diserahkan sepenuhnya kepada hasil musyawarah masyarakat itu sendiri.

  2. Dari iklan televisi, kegiatan PNPM Mandiri merupakan upaya pemerintah untuk memberdayakan masyarakat agar lebih produktif dengan memberikan bantuan modal kerja. Di kantor mana saya bisa mendapatkan informasi yang lebih detail tentang kegiatan PNPM Mandiri. Yang saya harapkan adalah informasi ttg persyaratan untuk mendapatkan bantuan modal?


    Bantuan PNPM Mandiri, termasuk bantuan modal usaha, disalurkan kepada masyarakat miskin di desa/ kelurahan yang masuk dalam lokasi PNPM Mandiri. Bantuan disalurkan melalui suatu lembaga keswadayaan masyarakat yang dibentuk dan ditetapkan sendiri oleh masyarakat sesuai dengan proses dan prosedur PNPM mandiri. Yang berhak mendapat bantuan adalah penduduk miskin anggota lembaga keswadayaan tersebut dan ditentukan atas kesepakatan seluruh anggotannya melalui mekanisme PNPM Mandiri.


    Untuk Informasi lebih lanjut sebaiknya anda menghubungi pihak pelaksana kegiatan PNPM Mandiri di kantor Kecamatan.

  3. Program PNPM harus mencapai sasaran jangan hanya berhenti ditingkatan pemegang kebijakan. Program ini juga harus menyentuh kalangan mahasiswa dan alumni perguruan tinggi sehingga mampu melahirkan entrepreneur muda dan mengurangi pengangguran.


    Memang perguruan tinggi di negara kita ini perlu menghasilkan enterpreneur muda untuk menggerakkan roda ekonomi dan pembangunan secara lebih mandiri. Tidak seluruh lulusan perguruan tinggi akan terserap pasar tenaga kerja. Mereka yang tidak dapat pekerjaan perlu menjadi enterpreneur agar tidak menjadi pengangguran.


    Namun perlu kami informasikan bahwa PNPM Mandiri hanyalah salah satu dari beberapa instrumen penanggulangan kemiskinan yang ada. Sasaran penerima manfaat PNPM Mandiri difokuskan untuk membantu masyarakat miskin yang diberdayakan melalui kelompok dengan fokus kegiatan di tingkat desa/ kelurahan. Pembentukan kelompok ditetapkan sendiri oleh masyarakat desa/ kelurahan sesuai dengan prosedur dan metoda pemberdayaan yang telah ditetapkan.


    Mungkin ada program yang tersebar di kementerian/ lembaga terkait yang lebih fokus untuk pemberdayaan kelompok mahasiswa/ alumni untuk menjadi enterpreneur.

  4. Apa saja kriteria penentuan suatu daerah bisa menjadi lokasi sasaran PNPM Mandiri?

    Kriteria penentuan lokasi (Kecamatan) yang memperoleh dukungan PNPM Mandiri adalah kecamatan-kecamatan yang memiliki proporsi penduduk miskin relatif besar.

  5. Bagaimana dengan desa-desa yang miskin tapi tidak masuk dalam lokasi PNPM Mandiri tahun 2008?

    Desa/ Kecamatan yang belum masuk dalam daftar lokasi PNPM Mandiri tahun 2008 akan masuk dalam daftar lokasi tahun 2009, karena pada prinsipnya pada tahun 2009 seluruh desa yang ada di Indonesia akan masuk dalam penanganan PNPM Mandiri.

  6. Saya ingin menanyakan lokasi, jenis kegiatan, jumlah dana serta PJ dari kegiatan yang akan dilaksanakan di daerah saya (Jeruk - Bandar - Pacitan - Jawa Timur). Saya bermaksud ingin ikut serta mengetahui/ memantau kegiatan tersebut, apakah sudah sesuai atau terjadi penyimpangan. Karena setahu saya kegiatan dari PNPM belum ada/ terlaksana di daerah saya, sementara daerah saya masuk daftar yang mendapat kegiatan dari PNPM.

    Untuk informasi mengenai lokasi, alokasi, dan jenis kegiatan silahkan anda kunjungi website PNPM Mandiri. atau anda bisa menghubungi kantor pelaksana kegiatan PNPM Mandiri di kantor Kecamatan setempat.

  7. Bolehkah saya mengetahui bagaimana caranya bisa mendapatkan informasi mengenai bantuan PNPM Mandiri yang datang ke tempat kami?

    Untuk dapat memperoleh informasi apakan bantuan PNPM Mandiri ada di tempat Anda, silahkan lihat website kami www.pnpm-mandiri.org di menu Lokasi.