Workshop I Ruang Belajar Masyarakat (Rubelmas/ RBM) PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Bulungan
Selasa, 19 Juli 2011 17:00

Ruang Belajar Masyarakat (selanjutnya disebut RBM) adalah suatu kultur atau perilaku belajar yang terorganisir, terstruktur dan sistematis serta terbentuk sebagai hasil pengkondisian ruang bersama yang dilakukan secara terus menerus oleh masyarakat pelaku program sendiri melalui kegiatan-kegiatan belajar bersama, bertujuan untuk meningkatkan/ mengembangkan kapasitas pelaku/ masyarakat yang dalam hal ini disebut sebagai "pelaku" adalah Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan, Fasilitator Kabupaten-Kecamatan, Aparat pemerintahan di daerah kabupaten/ kota khususnya yang melakukan pembinaan secara langsung PNPM Mandiri Perdesaan serta Masyarakat umum/ peduli PNPM Mandiri.

Adapun Tujuan adanya Ruang Belajar Masyarakat ini diharapkan terjadinya peningkatan kesadaran kritis, kapasitas, dan daya kolektif masyarakat dalam rangka menuju cita cita masyarakat yang makin mandiri dan sejahtera.

Tujuan Khusus

  1. Mengembangkan tempat pelatihan masyarakat di desa, kecamatan dan kabupaten.
  2. Mengembangkan jiwa, peran dan tugas pelaku dalam rangka pengembangan ruang belajar.
  3. Mengembangkan kegiatan berbasis pengalaman lokal yang memungkinkan terjadinya proses belajar kolektif masyarakat.
  4. Menyediakan sarana dan prasarana pendukung untuk menunjang kebutuhan peningkatan kapasitas masyarakat.
  5. Mengembangkan sistem yang memungkinkan terjadinya keberlanjutan proses belajar kolektif masyarakat.

Workshop 1 RBM di kabupaten Bulungan berlangsung selama 1 hari yaitu pada tanggal 22 Maret 2011 bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Bupati lama Jl. Kol. Soetandji No.01 Tajung Selor, dengan dihadiri oleh unsur pelaku Kecamatan (PjOK, Setrawan, BKAD, UPK, PL, Praktisi dan beberapa dinas-dinas teknis terkait) dari 10 kecamatan di kabupaten bulungan termasuk kecamatan bunyu yang tidak masuk dalam kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan.

Output Workshop RBM I

  1. Sosialisasi kebijakan pengembangan RBM.
  2. Pembentukan Pokja Kabupaten dan perangkatnya.
  3. Pembentukan Tim Pelatih Masyarakat tingkat Kabupaten.
  4. Terpilihnya BKAD-UPK Kecamatan penerima pencairan DOK RBM.
  5. Pembahasan RKTL Kabupaten.
  6. Pembuatan kerangka acuan kegiatan

Lebih lanjut Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) ini akan melakukan rapat koordinasi untuk merumuskan rencana kerja dan penyusunanan rencana angaran dari alokasi DOK RBM 2010 dan 2011 yang akan di tetapkan di workshop II dan akan ditindaklannjuti dengan rencana-rencana aksi sesuai rencana kerja yang sudah ditetapkan dalam rapat kerja Pokja. Rencana pelaksanaan Workshop II akan dilaksanakan pada pertengahan bulan April 2011.

Semoga dengan workshop RBM ini menjadi titik awal bangkitnya geliat kesadaran dan peningkatan kapasitas masyarakat dan dan terwujudnya community of development di negara tercinta ini.