Kabupaten Kepulauan Talaud

Secara administratif Kabupaten Kepulauan Taladu merupakan bagian dari Propinsi Sulawesi Utara yang dibentuk pada tahun 2002 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Sangihe Talaud. Kabupaten Kepulauan Talaud yang terletak di ujung paling utara Propinsi Sulawesi Utara dan berbatasan dengan Republik Philipina merupakan sebuah daerah bahari dengan luas wilayah laut sekitar 37.800km2 (95,24%) dan luas wilayah daratan 1,251,02km2 serta memiliki 20 pulau. Kabupaten dengan ibu kota dan pusat pemerintahan di Melonguane ini terbagi dalam 19 kecamatan dengan 153 desa/keluarahan dengan jumlah penduduk 91.067 jiwa (sensus penduduk tahun 2010).

Kondisi Kabupaten Kepulauan Talaud termasuk dalam 199 daerah tertinggal di Indonesia dan masih terisolir karena berbagai keterbatasan infrastruktur dasar, ekonomi, sosial budaya, transportasi, komunikasi dan informasi serta pertahanan keamanan. Sesuai dengan kondisi dan penilaian kriteria desa tertinggal oleh Kementrian Negara PDT, tercatat jumlah desa tertinggal sebanyak 48 desa (34%), desa tertinggal sebanyak 72 desa (54%), dan desa maju sebanyak 17 desa (12%). Perkebunan mendominasi kegiatan ekonomi masyarakat dengan hasil utama adalah pala. Sebagai daerah bahari dengan jumlah wilayah laut yang sangat luas, Kabupaten Kepulauan Talaud mempunyai potensi besar dalam perikanan laut akan tetapi belum dieksplorasi dan dikelola secara maksimal.

Pada tahun 2014, BASICS mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud untuk melakukan program peningkatkan pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan dalam upaya pencapaian Standar Pelayanan Minimal dan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs).

S5 Box

Galeri Foto

Galeri Foto
Mohon maaf, Galeri Foto sedang dalam proses pembuatan. Mudah-mudahan pekan depan sudah selesai.