Kabupaten Wakatobi

Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu kabupaten kepulauan di Propinsi Sulawesi Tenggara yang dibentuk pada 18 Desember tahun 2003 melalui UU Nomor 29 tahun 2003. Kabupaten kepulauan yang beribukota Wangi-Wangi ini mempunyai wilayah laut sebesar 96% dari total luas wilayahnya atau sekitar 18.377,31km2 sementara luas wilayah daratannya 823km2. Jumlah penduduk berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010 adalah 94.953jiwa. Wilayah administratif pemerintahannya terdiri dari 8 kecamatan dengan 76 desa dan 26 kelurahan.

Wakatobi juga merupakan nama kawasan taman nasional yang ditetapkan pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta hektar, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala kondisi karang; yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi Kabupaten Wakatobi tahun 2012-2016 yaitu “Terwujudnya Surga Nyata Bawah Laut di Pusat Segitiga Karang Dunia”.

Sejak tahun 2009 BASICS melakukan program peningkatan kapasitas bagi eksekutif, legislatif dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan dalam upaya pencapaian Standar Pelayanan Minimal dan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs).  Pada tahun 2011-2013 BASICS memberikan dana hibah melalui mekanisme BASICS Responsive Initiative (BRI) untuk mendukung proses perencanaan, penganggaran dan pelayanan masyarakat yang inovatif, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan. Fokus program BRI untuk bidang kesehatan adalah penurunan angka kematian ibu dan bayi melalui desa sehat cerdas. Sedangkan fokus program BRI untuk urusan pendidikan adalah peningkatan angka partisipasi murni dan penurunan angka putus sekolah melalui peningkatan kapasitas guru dan pendidikan luar sekolah.

S5 Box

Galeri Foto

Galeri Foto
Mohon maaf, Galeri Foto sedang dalam proses pembuatan. Mudah-mudahan pekan depan sudah selesai.