Kota Baubau

Kota Baubau adalah sebuah pemerintahan kota di Pulau Buton, Propinsi Sulawesi Tenggara yang dibentuk pada tanggal 21 Juni 2001 berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2001. Secara administratif pemerintahan, Kota Baubau dengan luas wilayah 221.000km2 terbagi menjadi 7 kecamatan dengan 41 kelurahan. Jumlah penduduk berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010 adalah 142.576 jiwa yang menempatkan Kota Baubau di urutan ke-8 sebagai kota terbesar di Sulawesi berdasarkan jumlah populasi atau urutan ke-2 untuk Propinsi Sulawesi Tenggara.

Dengan letak yang sangat strategis di tepi Selat Buton yang mempunyai aktivitas lalu lintas perairan baik nasional, regional, maupun lokal yang sangat sibuk, Kota Baubau menjadi daerah penghubung (connecting area) antara kawasan barat Indonesia dengan kawasan timur Indonesia. Selain itu, bagi masyarakat hinterlandnya (Kab. Buton, Kab. Muna. Kab. Wakatobi, dan Kab. Bombana), Kota Baubau berperan sebagai daerah akumulasi hasil produksi dan distributor kebutuhan daerah-daerah tersebut.

Sejak tahun 2009 BASICS melakukan program peningkatan kapasitas bagi eksekutif, legislatif dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan dalam upaya pencapaian Standar Pelayanan Minimal dan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs). Pada tahun 2011-2013 BASICS memberikan dana hibah melalui mekanisme BASICS Responsive Initiative (BRI) untuk mendukung proses perencanaan, penganggaran dan pelayanan masyarakat yang inovatif, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan. Fokus program BRI untuk bidang kesehatan adalah penurunan angka kematian ibu dan bayi melalui desa sehat cerdas. Sedangkan fokus program BRI untuk urusan pendidikan adalah peningkatan angka partisipasi murni dan penurunan angka putus sekolah melalui peningkatan kapasitas guru dan pendidikan luar sekolah.

S5 Box

Galeri Foto

Galeri Foto
Mohon maaf, Galeri Foto sedang dalam proses pembuatan. Mudah-mudahan pekan depan sudah selesai.