Apa Itu BASICS?

 

Apa itu BASICS?

BASICS adalah se­bu­ah pro­yek ker­ja­sa­ma an­ta­ra Ke­men­tri­an Da­lam Ne­ge­ri Re­pu­blik In­do­ne­si­a (Kemendagri RI) dengan Department of Fo­re­ign Affa­irs, Tra­de and De­ve­lop­ment Ca­na­da yang disingkat DFATD (se­be­lum­nya ber­na­ma CI­DA). BA­SICS me­lak­sa­na­kan pro­gram pe­ning­kat­an ka­pa­si­tas yang ber­fo­kus pa­da pe­ning­kat­an ku­a­li­tas pe­ren­ca­na­an, pe­nyu­su­nan ang­gar­an dan pe­nye­di­a­an la­yan­an di bi­dang ke­se­hat­an dan pen­di­dik­an un­tuk me­me­nuh­i Stan­dar Pe­la­yan­an Mi­ni­mal (SPM) dan men­ca­pa­i Tu­ju­an Pem­ba­ngun­an Mi­le­ni­um (MDGs). Proyek BASICS juga memperkuat peran Eksekutif dan Legislatif serta Organisasi Masyarakat Sipil dalam proses perencanaan, penganggaran dan pengawasan.

BASICS singkatan da­ri Bet­ter A­pproach­es to Ser­vice Pro­vi­si­on through In­creas­ed Ca­pa­ci­ties in Su­la­we­si a­ta­u Pe­ning­kat­an Pe­la­yan­an Da­sar me­la­lu­i Pe­ngem­bang­an Ka­pa­si­tas di Su­la­we­si.

 

Apa Tujuan BASICS?

BASICS bertujuan untuk memperkuat proses perencanaan dan penyusunan anggaran yang partisipatif, berpihak kepada kaum miskin, berkesetaraan gender dan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan menuju penyediaan pelayanan masyarakat yang lebih baik di kabupaten/ kota pilihan di Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara.

Tujuan jangka menengah BASICS adalah:

  1. Pemerintah kabupaten/kota mampu mengembangkan dan melaksanakan perencanaan, penyusunan anggaran dan penyediaan pelayanan dasar berbasis SPM/MDGs ke arah yang lebih responsif, berkesetaraan gender, serta berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.
  2. Pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dapat memberikan memberikan dukungan dan pengawasan pada pemerintah kabupaten/kota dalam proses perencanaan, penyusunan anggaran dan penyediaan pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan  berbasis SPM/MDGs yang berkesetaraan gender serta berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.
  3. Organisasi Masyarakat Sipil mampu memberikan masukan yang lebih baik bagi pemerintah daerah pada proses perencanaan dan penyusunan anggaran serta mampu menyediakan bantuan teknis kepada pemerintah daerah dalam upaya peningkatan pelayanan dasar berbasis SPM/MDGs di bidang pendidikan dan kesehatan.

 

Siapa Mitra Kerja BASICS?

  • Pemerintah nasional (Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Kesehatan, Kementrian Pendidikan Nasional.)
  • Pemerintah provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara - khususnya Sekretariat Daerah, BAPPEDA, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB.
  • Pemerintah Kabupaten dan Kota – khususnya Sekretariat Daerah, BAPPEDA, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Rumah Sakit Daerah, Dinas Agama.
  • Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di kabupaten/kota wilayah kerja BASICS.
  • Organisasi Masyarakat Sipil, organisasi profesi, dan media di kabupaten/kota wilayah kerja BASICS.

 

Apa Nilai Tambah BASICS?

  • BASICS mempunyai strategi yang praktis untuk pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) melalui pelaksanaan dan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang kesehatan dan pendidikan.
  • BASICS mendorong strategi multipihak yang terintegrasi untuk fokus pada kesehatan dan pendidikan.
  • BASICS menudkung pemerintah provinsi dalam menjalankan perannya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2011
  • BASICS mengembangkan proses kolaboratif yang melibatkan konsultasi dengan para pemangku kepentingan di tingkat kabupaten/kota dan provinsi dalam Penyusunan rencana Kerja Tahunan.
  • BASICS mendukung dan memperkuat kinerja pemerintahan yang baik dengan:
    • Secara langsung meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan yang berbasis data, perencanaan dan penganggaran yang baik.
    • Pengarusutamaan gender menjadi pertimbangan penting dalam pelaksanaan semua inisiatif program BASICS.
    • BASICS menyediakan bantuan teknis yang praktis, pelatihan di lapangan, mendorong proses pembelajaran dengan praktek, dan penyebaran praktik-praktik cerdas untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, prosedur dan sistem.

S5 Box

Galeri Foto

Galeri Foto
Mohon maaf, Galeri Foto sedang dalam proses pembuatan. Mudah-mudahan pekan depan sudah selesai.