Sulawesi Utara
BASICS Men­du­kung Pe­ran Pro­vin­si Su­la­we­si U­ta­ra da­lam Re­pli­ka­si Prak­tik Cer­das di Bi­dang Ke­se­hat­an dan Pen­di­dik­an Da­sar.

Project BASICS telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan kabupaten/ kota di Sulawesi Utara selama lebih dari 4 tahun dan telah mendukung berbagai inovasi yang dilakukan kabupaten/ kota dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dasar di bidang kesehatan dan pendidikan dasar yang ditujukan untuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimum dan mencapai Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) di tahun 2015.

Replikasi Praktik CerdasPada tahun 2013, telah disahkan Peraturan Gubernur Sulawesi Utara No 16 Tahun 2013 tentang Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals) dan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2013-2015 yang didalamnya memuat kewajiban Pemerintah Provinsi dalam mendukung pencapaian SPM dan MDGs bidang kesehatan di kabupaten/ kota. Dari sinilah, atas fasilitasi BASICS hadir mekanisme Bantuan Keuangan Khusus Kesehatan yang merupakan bantuan keuangan dari Provinsi kepada kabupaten/ kota khusus untuk percepatan pencapaian SPM dan MDGs bidang kesehatan.

Berbagai inovasi atau praktik cerdas yang telah dikembangkan di 5 kabupaten/ kota yang bekerjasama dengan BASICS yaitu,  Minahasa, Minahasa Utara, Bitung, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro akan  disosialisasikan kepada 10 kabupaten/ kota lain dan dalam hal ini peran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat penting untuk mendorong dan mendukung proses replikasi praktik cerdas tersebut.

Replikasi Praktik CerdasBeberapa hal tersebut di atas menjadi tema diskusi dalam pertemuan antara Deputy Director BASICS Project, John Duff, dengan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Djauhari Kansil, pada tanggal 11 Februari 2014 bertempat di Kantor Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara. Hadir dalam pertemuan tersebut mendampingi Wakil Gubernur, Asisten II, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi bersama Kabid Kesehatan Keluarga, Kabid PNFI Dinas Pendidikan Provinsi, dan unsur Bappeda Provinsi. Sedangkan dari BASICS ikut hadir juga Koordinator Provinsi dan para Fasilitator Kabupaten.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Wakil Gubernur menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada BASICS atas dukungan yang telah diberikan bagi peningkatan pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan di Sulawsi Utara dan berharap BASICS akan tetap memberikan bantuan teknis di Sulawesi Utara. Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur juga menyatakan dukungannya terhadap upaya untuk mendorong penyebarluasan inovasi-inovasi yang telah dikembangkan oleh mitra kerja BASICS kepada daerah-daerah lain di Sulawesi Utara.

S5 Box

Galeri Foto

Galeri Foto
Mohon maaf, Galeri Foto sedang dalam proses pembuatan. Mudah-mudahan pekan depan sudah selesai.